Rabu, 22 Februari 2012

Jenis-Jenis/Tipe Versi Sistem Operasi Android

Filled under:

Halo sobat  yugo21 
Saatnya yugo21 kembali menyalurkan hobi nge-blognya lagi setelah cukup lama absen, sesuai judul diatas yaitu "Jenis-Jenis/Tipe Versi Sistem Operasi Android". Disini yugo21  akan membahas tentang android melanjutkan postingan kemarin yang sudah-sudah. Bagi yang belum tahu, Android adalah suatu sistem operasi untuk ponsel /tablet pc yang berbasis Linux. Dengan adanya Platform terbuka sangat cocok bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri , Sistem Operasi Android sudah ada di indonesia sejak tahun 2009 lalu, hingga saat ini sejumlah perkembangan dan update terbaru dari OS ini sering dilakukan sejak awal peluncurannya. Tapi, tahukah sobat semua bahwa untuk membedakan jenis update dari berbagai versi Os android, biasanya google menggunakan kode-kode yang memiliki nama tertentu. Uniknya kode-kode penamaan pada tiap-tiap versi update tersebut banyak semuanya diambil dari nama makanan (mungkin waktu tim google akan membuat OS ini pas lagi laper kali ya, ckckck).

Berikut adalah Jenis-Jenis/Tipe Versi Sistem Operasi Android :
Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit)dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android Versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus;kameracamcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO,802.1xVPNGestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalanhardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI denganbrowser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukunganflash untuk kamera 3,2 MPdigital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam,Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspotportabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverbequalization,headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuanNear Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet.Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycombuntuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Android Versi 5.0 (Jelly Bean)
detail berita
Menurut kabar yang diterima oleh yugo21 baru-baru ini, google akan segera merilis Android Versi 5.0 (Jelly Bean) sekitar bulan juni mendatang. Seperti dilansir Digitimes yang mendapat informasi dari distributor yang berbasis di Taiwan, peluncuran "Jelly Bean" disebabkan karena penyerapan Ice Cream Sandwich telah gagal memenuhi harapan semula (kompase.com). Oh jadi berarti ceritanya om google jualan es krim nggak laku nih, hehe. Untuk fiturnya sangat layak ditunggu, salah satunya fitur Game Charge yang akan membuat Android Jelly Bean menjadi OS Android khusus untuk para pengguna Game. Tidak sampai disitu saja kehadiran si Android Jelly Bean ini juga dilengkapi fitur-fitur baru pendukung kinerja pengguna yang tidak dimiliki oleh OS Android sebelumnya selain fitur Game Charge, di antaranya seperti Full Chrome Browser, File Manager, Virtual Keyboard, Power Efficiency, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah fitur Faster OS. 

Sekian dulu untuk hari ini dari yugo21, semoga artikel ini bermanfaat, Amin

8 komentar:

  1. wah buat android lagi nih sob....
    nyimak dulu ah

    BalasHapus
  2. Wah.. ternyata huruf awalnya sesuai abjad yaa.. mantap.. nice share..
    salam kenal sob :D

    BalasHapus
  3. ini baru namanya info hehe,mkasih

    BalasHapus
  4. ada tutorial atau artikel buat team viewer tidak?

    BalasHapus
  5. wah kereen, jadi pengen ganti ke android nie
    da bosen make bebe..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jangan malu-malu